Review Buku Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi Karya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin

Hi Pembaca yang baik hati, terima kasih telah mengunjungi diakhir.blog.

Shalat adalah amal ibadah yang paling pertama dihisab atau diperhitungkan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya.

Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil.

Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi.

Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’

Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.”

(Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam An-Nasa’i).

Maka menjadi wajib bagi seorang muslim untuk mengerjakannya dengan ikhlas dan benar caranya.

Yang dimaksud dengan benar di sini adalah ada tuntunannya dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mereview atau mengulas resensi sebuah buku esensial tentang shalat. Buku tersebut berjudul:

Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi (ditulis oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin)

Buku tersebut diterbitkan oleh Pustaka Ibnu Umar. Adapun judul aslinya adalah Shifatu Shalaatin Nabiyyi minat Takbiiri ilat Tasliim, diterbitkan oleh Darul Wathan.

Buku Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi ditulis oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin.
Sampul buku Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi

Apa yang menyebabkan saya menganggap buku ini buku yang esensial?

Jawabannya karena buku ini bisa membantu dua orang, pertama, orang yang baru pertama belajar shalat. Kedua, orang yang ingin mengevaluasi atau mengecek kembali tata cara shalat yang dikerjakannya, sebagaimana menjadi concern saya di awal tulisan ini.

Buku ini tipis. 76 halaman saja. Kecil pula. Muat di saku. Harganya? Murah, saat saya membelinya tidak sampai 20 ribu rupiah.

Nah di situlah kelebihan buku ini, yaitu dengan kondisinya yang minimalis tersebut buku ini mampu menyampaikan apa-apa yang esensial di dalam shalat, termasuk cara berwudhu, disertai gambar.

Buku saku ini memulai pembahasannya dengan bab “Sifat Wudhu’ Nabi” atau tata cara wudhu ala Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Kemudian dilanjutkan dengan “Sifat Shalat Nabi dari Takbir sampai Salam”. Terakhir, ditutup dengan pembahasan bab “Amalan-Amalan Nabi setelah Shalat”.

Bagi seseorang yang ingin mendalami seluk-beluk tata cara shalat atau pelajar atau mahasiswa ilmu syariah, tentu buku ini tidaklah cukup. Sebab di dalamnya tidak mengungkap secara mendalam dalil-dalil yang dijadikan rujukan serta berbagai pendapat ulama.

Meski demikian buku ini telah memadai bagi orang yang baru mulai belajar shalat baik anak-anak, orang yang baru taubat dari meninggalkan shalat, maupun mualaf atau orang yang baru masuk Islam, sebagai bekal awal untuk menunaikan shalat.

Buku ini juga menjadi alat bantu bagi orang yang ingin mengecek kembali shalat yang dikerjakannya apakah ada tuntunannya dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Di tengah kesibukan bekerja atau berusaha mencari nafkah, sibuk mengasuh dan mendidik anak, sibuk kuliah, dan lain sebagainya, sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak bersungguh-sungguh belajar shalat.

Buku ini jelas bukanlah rujukan satu-satunya mengenai shalat, itu sudah jelas, ya. Akan tetapi buku ini dapat menjadi pilihan titik awal atau landasan awal dari shalat yang dikerjakan.

Di dalamnya ada referensi dalil yaitu firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala maupun tuntunan dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sebagaimana sabda Beliau:

“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari)

Saya pernah membeli buku ini beberapa buah untuk diberikan kepada orang-orang terdekat. Harganya yang relatif murah membuat kita bisa membelinya banyak sekaligus. Cocok buat dijadikan hadiah.

Demikian review dari saya, semoga bermanfaat.

Anda pernah membaca buku ini? Apa kesan Anda terhadap buku ini?

Iqbal – diakhir.blog

Featured Image: Pixabay.com / Hans-Bernd Hagedorn


Posted

in

by

Comments

One response to “Review Buku Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi Karya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin”

  1. Sahilluqman Avatar

    sungguh memberikan inspirasi kepada kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *